Indonesia…..Tanah air beta!

Saya pilih topik ini karena kebetulan bulan ini bulan Agustus, dimana semua toko2 n dept store pasang lagu2 perjuangan keras2, orang2 jualan bendera dan umbul2 di pinggir jalan……oooo maksud saya, di bulan ini di tanggal 17, 63 tahun yang lalu 2 orang yg hebat dan berani memproklamasikan bahwa Indonesia adalah negara merdeka bukan lagi negara jajahan ato negara common wealth………..

So karena tadi agak sebel karena ada beberapa pedagang asongan yg dgn agak maksa minta saya beli bendera merah putih yg kecil, meski udah di kasi tau kalo saya gak punya mobil, ada bendera pun gak tau mau di taruh dimana…..Jadi kepikiran tentang pertanyaan 2 teman, yg satu temen lama yg baru ketemu bbrp hari yg lalu, dan dia gak tau kalo saya udah balik di Indonesia sejak tahun lalu, nanya :”Jadi 4 tahun di Tiongkok selain belajar bhsnya dpt apa lagi?” trus yg temen yg satu nya lagi nanya: ” Dpt suami WNA dpt pengalaman apa aja?”.

Kedua pertanyaan itu meski keliatan nya gak relevan tyt jawabannya hampir sama, yaitu :”Memandang Indonesia dr mata orang asing”. Kenapa? Krn ketika di PRT, saya jadi belajar melihat homeland a.k.a tanah air beta ini dari sudut yg berbeda sekali. Dulu ketika masi di Indonesia, org2 di sekeliling saya cuman ada 2 pendapat: I love Indonesia ato I hate Indonesia…. Tinggal di negeri org dan punya suami WNA bikin saya punya sudut pandang dan pendapat yg berbeda yaitu Indonesia is a country……good or bad is mine. Mungkin ini kedengerannya klise bgt tapi ini beneran. Indonesia adalah negara yang hebat, deposit mineralnya nomer 3 di dunia, negara kepulauan terbesar didunia, punya populasi muslim terbesar didunia, pengexport produk laut nomer 4 di dunia, koral lautnya nomer 2 terindah di dunia,  juga terkorup nomer 2 di dunia, anggota OPEC yg hrs import minyak biar listril tetep nyala, negara yg airport di ibukota nya terkenal dengan pungli nya, jg ibukotanya tenggelam kena banjir, yang  menciptakan batik dan tempe tapi skr mesti bayar hak paten barang2 tersebut ke negara lain, nomer 2 pengekpor unskilled labour, satu2nya negara yg kalo mau ke luar negeri mesti bayar fiskal, satu2nya negara dimana WNI wanita nya tidak bisa mensponsori suami WNA nya utk tinggal dan kerja.

SOOOOO…..all said and done, Indonesia …..The Good, The Bad and The Ugly, tetep bagi saya adalah tempat lahir beta, (semoga) juga tempat berlindung di hari tua dan tempat menutup mata.

2 Comments

  1. August 7, 2008 at 5:18 pm

    Sayangnya kenapa harus ke luar negeri dulu baru bisa mikir kayak gitu. Aku bener2 bosen n muak ama orang yang bereaksi berlebihan, ada yang ngomongin jelek ttg Indonesia langsung kebakaran jenggot mbales nyolot kampungan. Kalo ada yang muji2 langsung jumawa. Ada org sendiri yg ngritik Indonesia langsung dimaki gak Nasionalis. Kapan sih bisa memandang sesuatu apa adanya………

  2. jumai said,

    August 8, 2008 at 2:42 am

    iya sayangnya aku mesti ke luar negeri dulu biar bisa objektif….


Leave a Reply

