The Naked Traveller

Tadi baru aja beli buku “The Naked Traveller” yg ditulis oleh Trinity, seorang cewek Indonesia yg suka sekali travelling. Buku ini memberi tips2 dan kesan2 dia dr negara2 yg telah di kunjunginya, aku suka buku ini krn dia menulis apa adanya mengenai tempat2 yg di kunjunginya. Menurut saya buku ini lucu dan menyentil, jg beberapa ceritanya saya bisa mengerti karena kebetulan mirip sama pengalaman saya.

Di salah satu capternya dia bercerita soal tingkah para TKW di LN yg lucu n nyebelin, saya bisa ngerti karena beberapa kali naik psw barengan ama mereka, tapi bagi saya yg lebih lucu lagi adalah org yg pulang haji. Pas pertama kali pulang holiday ke Indonesia kebetulan semua psw dr Xiamen hrs transit di Singapore ato Hong Kong krn kebetulan saya dpt tiket Silk Air (anak perushnya SIA), pas dr Singapore ke Surabaya nya saya barengan dgn rombongan Haji dari Madura. Duduk disebelah saya adalah seorang ibu stg baya yg gak bisa ngomong Indonesia, kasian jg dia ketakutan bgt, saking takutnya selama penerbangan dia gak berani gerak, duduk tegak memegang erat2 tas tangannya, trus pas waktu makan pramugarinya pake bhs inggris nanya mau mie ayam ato nasi sapi lada hitam, krn kasian saya bantu translate ke si ibu, sampe 4 kali si ibu cuman geleng2 kepala, akhirnya saya colek2 bapak2 yg duduk di depan saya, minta tolong terjemahin ke bhs madura, untung bapak itu bisa.

Buku itu jg cerita soal bandara2 di dunia termasuk yg di Indonesia. Salah satu tips nya adalah tentang kalo hrs nginep di bandara krn mesti nunggu lebih dr 6 jam overnight, kebetulan saya udah mengalami nya beberapa kali dan semua di bandara Changi, Singapore. Emang Changi itu raja nya bandara deh bahkan suami saya yg udah ke berbagai bandara di dunia aja, mengakui Changi is the best. Paling bersih, paling aman, paling efisien, paling lengkap….semua ada. Makanan dari Jepang, Chinese, Indonesian, Indian, Mcd, Pizza, steak sampai sport bar semua ada, butuh tempat sholat ato kapel jg ada, staffnya bisa bhs inggris, malay n india, bagi yg terbang dgn Cathay, SIA, Silk air, Thai, Quantas, KLM, Lufthansa, Malaysia Air, bisa ikut tour keliling Sgpore pake mobil amfibi gratis n brkt tiap jam, trus kalo butuh free shuttle jg ada, MRT berhenti pas di bawahnya, bahkan di terminal 1 ada swimming pool lengkap dgn gym nya….gile abis…..trus kalo mau mandi tapi gak punya duit buat bayar, ada shower room buat mandi gratis. Asiknya jg kalo transit ato mengunjungi Singapore di bulan Juli, selain bisa menikmati Sgpore great sale, Changi jg kasi free Chilli Crab yg bisa di makan di salah satu resto di Changi ato di dlm kota Sgpore, booooo kalo ngomong Changi mah bisa 1 blog gak abis dehhe he he……..

Saking amannya saya bisa bobok di lantai bandara (yg fully carpeted n bersih sekali) ato di salah satu kursi bobok yg ada build in alarm, semalaman dgn nyante tanpa takut barang di colong, malah saking amanya kadang menganggu krn seringnya apalg pas weekend sekitar jam 3an 4 polisi yg badannya gede2 kyk hulk n bawa AK-47/ Uzi, bangunin buat cek passport n ticket psw. Pertama kali saya kena pemeriksaan saking ngantuknya bukan nya passport yg saya kasi malah KTP, sampe polisinya bingung, sampe dia ngulang pake malay:”tolong passport nya miss” Mungkin dikira saya gka bisa inggris kali ehe he hehe………….

Saya ingat th 2005, pertama kali balik Indonesia buat holidei, saya iri ama airport Xiamen yg begitu efisien dan canggih dlm menangani passenger, itu sebelum saya ke Changi, begitu ampe Changi tambah mupeng gila2an. Begitu sampe Juanda, saya sempet malu krn pas itu Juanda blum sekeren skr, masi Juanda yg kalo turun dr psw kudu jalan kaki sendiri ke terminalnya trus Imigrasinya gak pake komputer cuman dua org yg duduk di konter, toilet nya jorok n bau…..aduh sampe gak bisa ngomong dhe……………

5 Comments

  1. August 15, 2008 at 8:35 am

    Bersabar sampe org Indonesia bisa sefesien, sebersih dan seterkonsep Singapore. Ha ha ha……

  2. Budi said,

    August 15, 2008 at 8:57 am

    aduuuuuh, kalo banyak orang yang kayak kamu tidur di sembanrang tempat, changi pasti ga kayak yang kamu ceritain sekarang ini.
    yang banyak berkeliaran nanti bukan polisi, satpol PP hahahaha

  3. Budi said,

    August 15, 2008 at 9:02 am

    @carlos: yeah dream on sampe pemerintah indonesia berani naboki rakyatnya sendiri demi alasan yang benar (skeptis sekali sich).

    aku terkesan dengan quote ini:
    banyak orang bermimpi agar berhasil
    banyak orang bekerja keras agar berhasil
    tapi sedikit yang terus bermimpi dan bekerja keras sampai berhasil.

  4. life1ssimple said,

    August 15, 2008 at 9:45 am

    @carlos: yah spt kata pepatah: mimpi lah mumpung mimpi masi gratis…..jadi bolehlah daku bermimpi tinggi.
    @budi: Benernya bud di Changi byk bgt yg bobok sembarangan kyk aku, pas aku lepas kontak lens di toilet changi, aku liat ibu dan anak yg abis ganti ke piyama n lagi gosok gigi mereka bobok gak jauh dr tempat ku n mereka berdua itu tyt org aussie……

  5. August 17, 2008 at 5:31 pm

    @Budi: Ember…. (emang bener) yg paling susah terus bermimpi dan bekerja keras mewujudkannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: