“anak saya kok inggrisnya gak maju2!”

Benernya aku udah publish ini di blog Fs tapi gak tau kenapa kok pgn posting disini juga……

Baca blognya Grace soal deg-degan pas raportan murid2nya, trus juga baca komentar ortu murid di salah satu raport muridnya Shu Xuan & Rou Fei. Jadi inget dulu pas masi ngajar di Playgroup, sama aja kejadiannya komentar yg selalu ada dari salah satu ortu murid adalah:”kenapa anak saya masi gak bisa ngomong inggris, apa di kelas gak dipaksa ngomong inggris?”

Walah, dikelas mah kita paksa tapi kelasnya khan tiap kali cuman 2 jam seminggu cuman 3x, berarti dalam 1 bulan cuman 24 jam dipaksa inggris. Lah si anak di rumah sendiri ada berapa jam????? bukannya lebih banyak lagi. Nah kalo di rumah gak di ajak omong inggris, apa pun yg dia dapat selama 2 jam sehari itu sia-sia aja.

Kasus2 ini juga kadang aku dapat pas ngajar privat, meski keluhannya bukan selalu mengenai aku guru privatnya. Ada yang anaknya di sekolahin di ciputra, trus mama nya tiap kali aku dateng ngomel,”Udah mahal-mahal di sekolahin di Ciputra, kok inggrisnya masi mentok aja, malah taunya bahasa2 slank suroboyoan gimana sich!”. Ternyata anak itu deket banget ama pembantunya yg asli orang Tandes. Weleh weleh….gimana mau maju lah si anak gak ada sparring partner buat ngomong, adanya si Mbak yang ngomong suroboyoan.

Ada lagi cerita temennya mama yang udah abis 250 juta rupiah lebih buat sekolahin anaknya di Shang Hai selama 1,5 tahun. Nanya ke aku kenapa anaknya ngomong mandarin belepotan bahkan ngomong 1 kalimat penuh aja gak bisa.  Trus aku tanya ke si anak, pas disana sekamar ama anak mana trus hang out nya ama anak mana. Ternyata dia 24 jam di kelilingi ama temen2nya dari surabaya, n di perparah dia TV aja pun pake TV kabel cuman mau nonton serian barat, gak pernah mau nonton CCTV, trus kalo kemana2 nunggu temennya yg bisa mandarin biar dia gak perlu ngomong sendiri. Aduh maka nya 250 juta rupiah itu sia-sia terbuang……

So buat para ortu baik yg anaknya masi bayi ato yg udah mulai sekolah, inget sekolah memang memberi pelajaran dr buku2 tapi setelah itu adalah tugas anda utk membantu mereka krn mereka khan lebih byk waktu di rumah.

2 Comments

  1. August 15, 2008 at 9:22 pm

    Itu orangtua2 gak usah gila ya…..!!! gak pernah ngomong Inggris mau anaknya cas cis cus….. Bonyokku aja yg gape Inggris n hampir tiap hari ngajak ngomong gue pake Inggris aja stlh sekarang aku jarang make jd belepotan kok…… Lagian anak play grup gak usah diajarin bahasa dulu mereka msh waktunya belajar karakter. Nanti kalo udah SD menjelang SMP aja…..

  2. life1ssimple said,

    August 15, 2008 at 11:05 pm

    sabar…jeng…sabar…..


Leave a Reply

