Paradise Lost

Jangan kuatir kali ini aku gak akan bahas soal bukunya John Milton, dan jg aku bukan si Budi yg pake penjelasan panjang kali lebar buat ngomel soal warung2 yg pada tutup,tapi memang aku mau bahas soal makanan. So y pake judul Paradise lost krn beberapa makanan begitu enak n sedap, n stl makan makanan2 tsb aku ngerasa almost heaven gitu, but unfortunately byk dr makanan heavenly tsb ngilang dr muka bumi ini.

Makanan2 tsb ngilang krn berbagai alasan mulai dr yg masak udah di panggil ama Yang Kuasa sampe yg masak males aja……h ehe he

Makanan yg pasti no matter what gak bakal bisa aku nikmatin lagi adl Serabi mbok wek. Benernya serabinya gak ada nama, mbok wek itu krn yg jualan mbok2 yg udah tua. Serabi nya uuuuuuuueeeeeeeeenaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkk tenan…….krn di masak di pengorengan tanah liat di atas merang yg di bakar. OMG…….rasanya legit bgt…apalg santen yg dipake itu pure santen kentel…..Dulu sbl Mbok wek di panggil ama The Almighty, tiap hari minggu aku bela2in jalan2 pagi biar sehat (benernya biar bisa beli serabi he he he), krn serabinya jualan mulai subuh, n begitu jam 6 an udah abis. Dan krn yg jualn cuman si mbok sorangan, jadi luama abis, n si mbok gak terima pesenan lebih dr 6  bji, jadi kalo yg dtg org byk hrs pesen dewe, kata si mbok biar yg udah jauh2 dateng kebagian, trus yg males dtg jd rajin dateng….tiap kali dia ngomong gitu kita yg udah ngantri n bela2in dtg pagi2 pasti dgn semangat 45 mengangguk2 setuju. Sayang, si mbok gak punya penerus, krn mnrt cerita dia, suami nya meninggal krn kelaparan pas jaman 60an, krn dia sibuk cari makan buat keluarga nya sendiri n keluarga suaminya,  dia gak sempet cari suami lagi, n akhirnya gak ada penerus….hiks hiks…sedih bgt. Until now, gak ada yg bisa bikin serabis seenak mbok wek……..mbok….i really miss u (especially ur serabi!).

Ada lagi beberapa makanan yg ngilang krn yg masak males, contoh ketan duren mama ku. Mama ku males krn langganan tukang duren mama, sejak beberapa tahun yg lalu pindah haluan jg menanam jeruk n cengkeh, soalnya kata tukang itu duren susah nanemnya. Trus sejak hrs beli eceran di pasar, harga nya jd mahal, sejak itu mama ku jd males bikin. Kata mama rugi, gak worthed ama harga durennya. Meskipun ketan duren mama lezattoooo bgt krn saos durenya kentel bgt krn pake duren sekeranjang trus bau pandan n rum yg hmmmmmmmmmmmm, jg ketannya pulen abis………duh ngilereeeeeeeeeeee (usap mulut mode on!). Trus masakan kaki babi kecap nya mama, dimana kuahnya nendang bgt trus kaki babi nya empuk abis…..ini jg ngilang krn papa pas umur 49 di warning ama dokter buat ngurangin makanan yg berlemak, trus di tambahin kepercayaan mama dimana laki2 chinese umur 39, 49 dan 59 itu umur yg bahaya. Sejak saat itu menu babi yg lemak tinggi ilang dr meja makan, kalo pun bikin paling cuman cuman seemprit itu pun daging yg di perkiraan paling rendah lemaknya….hiks hiks hiks………

Kepiting masak saus tirem buatan Engkong (pihak mama) n kelinci masak saos inggris bikinan akung (pihak papa), dua masakan itu jg ilang dr bumi krn kedua ahlinya udah di surga. Hiks hiks…………

So temen2, ada gak makanan yg bagi temen2 adl paradise lost?

5 Comments

  1. September 4, 2008 at 1:26 pm

    Buanyak banget sak pol2an……
    1. Aku kangen kroket n biterballen Delby toko kue di Marmoyo. Apalagi saus tauconya…. gak ada yg ngalahin….. Udah tutup tokonya
    2. Gule kambing buatan Opaku. Apalagi kalo masaknya ditambahin bumbu masalla dr Madras tambah yahuuuud……. krn Almarhum
    3. Masakan khas Belanda buatan Omaku….. sama aja krn dah Almarhum
    4. Kue Pia isi kenari buatan Ama……. setali tiga uang krn Almarhum
    5. Kare kepititng buatan Mama……. ini sih karena males kayaknya
    6. Toko Oen yg dulu soalnya sekarang kokinya dah ganti jd gak enak
    7. Kue Talam buatan Ama…… (Almarhum)
    9. Apelmoes buatan Oma……. (liat atas)

  2. Bayleys said,

    September 4, 2008 at 4:46 pm

    i miss gulali … hiks

  3. Bayleys said,

    September 6, 2008 at 9:56 am

    bentar2….setelah aku baca2 n pikir2 lagi, yang dimaksud paradise lost ini mungkin bukan sekedar makanannya aja, mungkin ada “kepingan masa kecil” yang LOST. emang bisa karena rasanya, ceritanya ato kenangannya.

  4. kristi said,

    September 12, 2008 at 1:17 pm

    Kulonuwun jumai, aku datang langsung komentar’ masalah kenangan emang mungkin g bisa tergantikan ya tapi masalah makanannya ya bikin sendiri ato cari penjual yang rasanya mirip-mirip gitu, biar g terperangkap dalm ke-lost-an anda terus,🙂

  5. life1ssimple said,

    September 13, 2008 at 10:11 am

    Makasih tante Kristi, memang saya tidak terjebak di Lost nya tapi kadang kalo lg inget2 kangen aja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: