Laskar Pelangi – The movie

Kemaren ntn Laskar Pelangi (LP), awalnya hanya karena saya agak ragu utk membayar full price 30rb/ tiket utk ntn film ini, tapi setelah film sls, tyt 30rb itu worthed bgt…………..Emang film2 yg dibikin ama Mira Lesmana (MILES) n Riri Reza biasanya bisa di bilang selalu 2 thumbs up. Apalagi MILES booo…..gak tau gimana mbak yg satu ini makan apa sich sampe hebat banget kalo bikin film, krn dia selalu bisa menangkap sisi manusiawi dari tiap2 cerita filmnya.

Cerita LP sendiri di angkat dr novel best seller dgn judul sama oleh Andrea Hirata, cerita didlmnya adl biography Andrea waktu SD di Belitong (jgn smp salah krn ada jg yg namanya Belitung). Cerita yg sangat menyentuh dan indah ini memang di shoot di Belitong dan hampir semua pemain anak2 nya adalah anak2 lokal Belitong yg sama sekali gak ada background akting, disini lah hebatnya anak2 ini bisa akting bareng dgn aktor2 sekaliber Slamer Raharjo, Alex Komang, Cut Mini, RIeke Dyah Pitaloka, dan  masi byk lg.

Main character film ini adl Ikal. Dimana dia bercerita ttg org2 yg memberi pengaruh besar thd mimpi dan kesuksesan masa depannya. Mulai dari pak Harfan, kepala sekolah SD Muhmadiyah yg mengajarkan anak2 itu ttg nilai2 kehidupan yg sebenarnya, bu Mus, guru yg cantik dan sabar, Mahar si seniman kecil yg selalu membawa radio dimana2, Lintang anak nelayan miskin yg jenius, Akiong anak tionghoa yg pendiam tapi setiakawan, Borek samson kecil yg selalu mencoba membujuk teman2 yg laki utk memakai caranya (bola tenis yg dipotong dua) agar bisa membuat dada jd six pack, Harun meski agak terbelakang tapi selalu ceria dimanapun dan kapan pun, Sahara satu2nya murid wanita yg selalu hrs berperan sbg penengah buat teman2 nya yg nakal2, Kucai si hitam kecil, Trapani dan Syahdan.

Jaringan indah hub antar teman, guru dan murid, orang tua dan anak, manusia dan alam, terjalin indah tanpa terkesan di buat2 atau di paksakan. Misal cerita si Lintang yg tidak mau menyerah utk mendapatkan ilmu, meskipun dia hrs bersepeda berkilo2meter jauhnya dan setiap pagi dia hrs menunggu 1 buaya besar yg selalu menyebrang jalan menuju sekolah, atau si Mahar yg dgn kreatifnya menggunakan semua bahan dr alam utk ikut karnaval 17 agustus krn sekolah tidak ada dana utk membeli seragam atau alat2 yg mentereng.

Yah pada saat yg sama saya jd trenyuh krn film itu jg menggambarkan sisi gelap pendidikan Indonesia. Misal ada adegan dimana hari pertama sekolah mereka hrs mendapatkan min 10 anak dlm 1 kelas kalo tidak sekolah akan di bubarkan, dan jk sekolah Muhamadiyah itu di bubarkan maka anak2 miskin di Belitong tidak bisa sekolah lagi krn mereka tidak mampu utk sekolah di SD PG Timah yg mahal. Dan jika mereka tidak bersekolah maka mereka pun akan menjadi nelayan atao kuli di tambang timah. AH……..kejadian yg klise dan terjadi tiap hari di Indonesia………..

Blum lagi adegan ketika hujan besar dtg kelas mereka kebanjiran sampai hrs pindah di halaman utk belajar. Baru beberapa hari yg lalu ada berita salah satu SD di Jakarta roboh krn bangunan yg sudah bobrok dan pemerintah di memberi dana utk renovasi. Saya mikir kalo yg di Jakarta saja sampe kyk gitu, gimana sekolah di daerah2 luar jawa, spt Kalimantan, Sulawesi, Papua. Jg adegan dimana pak Harfan dan bu Mus berbicara ttg gaji yg sudah bbrp bulan tdk turun dr pusat. Temen2 pasti udah bosen baca ini di koran, gaji guru2 yg di tunggak smp 6 bulan…..gmn guru2 tsb bisa dgn tenang mengajar kalo kebutuhan dasar mereka tidak bisa di penuhi. “SIGH” Gimana nasib negara kita kalo generasi penerus ini tidak mendpt kan pendidikan yg baik.

Back to the movie………..

All and all……….buat temen2 yg lebaran ini mau cari entertainment baik sendiri atau dgn kluarga film ini layak bgt buat di tontonin drpd ntn film yg gak jelas cerita dan maksudnya………..saya aja udah ancer2 kalo ada yg jual DVD ato VCD nya yg asli saya mau beli.

10 Comments

  1. September 28, 2008 at 4:08 pm

    😀

  2. budi said,

    October 1, 2008 at 12:04 pm

    ah benernya mau nulis ttg ini diblog sendiri tapi udah keduluan. ya gapapalah.
    aku blm nonton pelemnya sih, baca novelnyajuga baru dapet setengah.
    tapi waktu aku baca nyampe halaman seratus, aku udah sumpah dalam hati, kalo jari tangan n kakiku jempol semua, aku angkat 20 jempols buat andrea hirata

  3. life1ssimple said,

    October 1, 2008 at 12:37 pm

    @budi: iya ntn aja bud gak rugi blas….

  4. life1ssimple said,

    October 1, 2008 at 12:52 pm

    @budi: eh bud novel nya itu punya mu ya? kalo iya minjem donkhe heeh

  5. budi said,

    October 4, 2008 at 8:53 am

    boleh2
    aku udah slesai baca koq. duh klimaksnya ga terduga koq tragis gitu ya? di film juga?

  6. life1ssimple said,

    October 4, 2008 at 9:06 am

    @budi: iya bud emang tragis he heh e

  7. budi said,

    October 5, 2008 at 8:22 am

    waktu baca itu awalnya semua kliatan menyenangkan banget, masuk bab2 terakhir wow semuanya jadi jungkir balik, ga terduga.
    padahal aku udah mau protes ke andrea hirata “kalo ini emang pengalaman asli, si jenius itu sekarang pada ke mana semua?” ternyata akhirnya gitu, ya ga jadi protes deh.
    andrea secara ‘licik” dan tak terduga sudah menjawab protesku dengan cara yg sama sekali ga klise. kalo di sinetron pasti diceritain mati karena sakit ato kecelakaan.
    sekali lagi 20 jempols.

  8. kristi said,

    October 7, 2008 at 7:16 pm

    biasanya novelnya lebih bagus dibaca daripada nonton filmnya, tapi sudah pada membahas ttg LP jadi aq mbacanya 3 bulan lagi aja deh gak papa dibilang kuno, tapi mbacanya enak, nggak tertanggu sama pendapat2 yang saling berlomba-lomba,😀

  9. Ita said,

    October 8, 2008 at 9:40 am

    Ce, blognya kurang foto/gambar, biar lebih
    ok bacanya

  10. Ita said,

    October 8, 2008 at 9:41 am

    aku jadi mau nonton LP (kok singkatannya kayak LP Cipinang ya?)
    hehehe..😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: