You are what you learn

Pernah denger kata2 : you are what you eat atao you are what you wear atau you are what you say.
Dimana artinya apa yg kamu makan / pakai / katakan menunjukan sifat kamu….. skr ada yg baru you are what you learn

Ini berhubungan dgn belajar bahasa asing. Gak tau kenapa smp seumr skr kok saya blessed (or cursed…u decide!) utk belajar bbrp bahasa asing. Dulu sich pertama belajar bhs inggris, awalnya bukannya bener2 tertarik tapi krn kebetulan pas SMP ada pelajarannya dan kok tanpa belajar susah payah nilai saya selalu 90 bahkan beberapa kali ulangan dpt 100. Jadi termotivasi utk belajar lebih…asik nya jg kalo ntn film barat saya sering ngerti duluan sbl subtitlenya muncul. Tyt kata mama, saya emang ada bakat belajar bahasa krn pas kecil saya khan ikut tante di Madiun kebetulan beliau salah satu guru les mandarin yg lmyn beken di sana, jd saya belajar mandarin sbl bisa ngomong Indonesia, bahkan sempet mau dikluarin pas TK krn gak bisa ngomong Indonesia….trus umur 7 th balik ke rumah mama ilang dah semua mandarin…..yg ada Indonesia kaco balo plus jawa yg ngoko abis, mana pas itu Presidennya Suharto yg mati2an melarang adanya bhs dan kebudayaan Tiong Hoa………

Trus pas SMA liat filmnya Tintin yg asli di CCCL……kok bahasa ini asik bener sich….. kedengerannya romantis n keren…..ancang2 deh les prancis, tapi pas mengajukan “proposal” ke mama buat minta dana, mama dgn nyante cuman bilang:”Boleh les prancis, tapi kudu les mandarin dulu.” Saya lgs rontok krn stl tinggal ama mama udah berulang kali les mandarin yg ada saya putus les stl 3 bulan bahkan 2 mg, krn saya merasa terlalu susah…….sedangkan mama masi ngotot ingin membangkitkan memori mandarin di otak saya yg terkubur 4000000 meter dlm otak.

Akhirnya saya cuman les Inggris buat mempertajam kemampuan bicara, dan kemampuan ini semakin terasah ketika tanpa sengaja dpt job kasi les Inggris ke anak2 SD (dimana akhirnya kerjaan ini yg saya tekuni, meski titel adalah sarjana teknik….).

Dan th 2003, saya di berkati utk bisa ke tanah leluhur belajar mandarin dgn beasiswa, dan disini ketauan kesukaan saya…..yaitu Shopping n traveling…….blum bisa nulisnya saya udah tau kata2 apa yg dipake buat nawar, apa istilah2 buat harga2, gimana baca sale sign…….yaiks emang true shopaholic deh…trus jg mulai belajar nanya arah, dan nama2 tempat buat naik bis.  Dan skr saya kudu belajar bhs korea skali lg deh blum2 udah belajar kata2 macam berapa harganya? angka2? bgm pergi ke tempat A ke B.

Ada jg org kyk hubby yg emang suka belajar mengenai ekonomi jd kata2 pertama yg di pelajari adl istilah2 ekonomi. ato kyk temen saya yg hobby mengikuti pasar sahan dan forex, meski inggrisnya ancur2an tapi kalo udah denger2 istilah2 saham macam blue chip, underprice, nasdaq, dll, dia lgs tau itu apa aja……Mungkin kalo ada temen yg suka arsitektur macam Bapak Erwin dr blog tetangga, dia mungkin akan tau istilah2 arsitektur sbl tau istilah2 lain.

So who ar u????

2 Comments

  1. October 16, 2008 at 9:42 am

    Kalo aku ya jelas segala hal yg berbau kuliner lah……

  2. erwin4rch said,

    October 21, 2008 at 6:48 pm

    Ah bapak carlos ini bisa saja…
    Bau kulinernya sampai di sini lho…..
    Haha..
    Btw, senang sekali bisa banyaak bahasa..
    Saya sih cuma bondo bahasa isyarat
    (kan universal😛 Mencoba mencari pembenaran diri nih…)
    Hehehehe..


Leave a Reply

